Cara Kompres / Kecilkan Ukuran Video dengan Format Factory - Ilusi.id

Wednesday, July 19, 2017

Cara Kompres / Kecilkan Ukuran Video dengan Format Factory

Kadang ketika sudah selesai merekam game, ukuran dari video yang dihasilkan terlalu besar sehingga menyulitkan kita untuk mengupload ke sosial media ataupun youtube. Karena ukuran dari videonya bisa sampai 1 GB bahkan lebih. Bayangkan jika video tersebut tidak di kecilkan ukurannya, akan sangat lama untuk di upload. Itu kalau koneksi internet kalian cepat, kalau lambat? Selain itu juga membuat boros kuota dan boros ruang penyimpanan hardisk.

Nah maka dari itu saya akan memberikan sebuah solusi dengan memakai bantuan software, untuk mengecilkan ukuran video, agar bisa hemat kuota, ukuran dan waktu ketika proses upload. Nama software ini adalah

Format Factory

Format Factory adalah software multifungsi pengkonversi media seperti gambar, video, suara yang dapat di konversi ke berbagai format. Banyak ekstensi file yang bisa di convert dengan software ini sebagai contoh file suara MP3 bisa dirubah menjadi OGG, file video AVI di convert ke MP4, file gambar JPEG ke PNG dan lain sebagainya.
Selain mengkonversi, software ini juga bisa menggabungkan beberapa part video menjadi satu, burning dari CD ke file atau sebaliknya, memberi watermark pada video, menambahkan subtitle pada video. Pokoknya ini salah satu software yang wajib ada di laptop atau komputer kalian. Lalu bagaimana cara mengkonversinya? Lihat tutorial dibawah ini.

Cara Konversi File Video Menggunakan Format Factory

Contoh disini saya mengkonversi video ke format MP4 kualitas HD 720 untuk di upload ke Youtube, karena dengan jenis enkode video yang disarankan oleh youtube maka setelah video di upload akan cepat di proses untuk ditayangkan.
1. Download dan instal sofware ini di website resminya www.pcfreetime.com/formatfactory
2. Buka software Format Factory di desktop kalian, pilih menu Video dan klik yang MP4.

3. Muncul jendela baru, pilih yang Output Setting. Untuk mengatur kualitas video.
4. Setelah klik Output Setting, atur seperti gambar dibawah ini

5. Jika sudah pilih ok. Akan kembali ke jendela sebelumnya seperti di gambar nomor 3, lalu pilih Add File
6. Cari file video yang ingin kalian convert
7. Langkah terakhir yaitu klik tombol Start untuk memulai proses convert.

Tunggu sampai proses konversi selesai, lama waktunya tergantung dari kecepatan processor kalian dan ukuran file video. Pada saat proses konversi sedang berlangsung jangan melakukan aktifitas yang membebani kinerja CPU, karena proses ini memakai CPU sampai 90%. Jadi diamkan saja komputernya.

Jika sudah selesai prosesnya, hasil dari convert tersebut biasanya ada di folder Local Disk C:\FFOutput

Nah itu dia tutorial cara mengkonversi video sekaligus mengecilkan ukuran filenya, dengan settingan seperti diatas kualitas video tetap akan jernih meskipun sudah di konversi ukurannya menjadi kecil. Atau settingan video bisa di ubah sesuai keinginan kalian.
Comments

Disetiap postingan terdapat sebuah gambar sebagai pelengkap, jika tidak muncul matikan pemblokir iklan / adblock di browser anda.
EmoticonEmoticon