Cara Menghilangkan Malware Pada Komputer Windows - Ilusi.id

Thursday, November 30, 2017

Cara Menghilangkan Malware Pada Komputer Windows

Jika komputer atau laptop anda mengalami penurunan kinerja yang menjadi lebih lambat dari biasanya, ada kemungkinan PC yang digunakan telah terinfeksi malware, virus, spyware dan sebagainya. Salah satu gejalanya adalah muncul banyak pop-up, dan masalah aneh lainnya. Masalah ini jika dibiarkan lama-lama bisa merusak hardware komputer anda.

Nah daripada merusak hardware lebih baik diatasi mulai dari sekarang. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan virus malware pada komputer windows anda.
Komputer Kena Virus

Cara 1: Masuk ke Safe Mode

Sebelum melakukan aktivitas / menjalankan program, anda harus memutuskan koneksi internet, dan jangan dihidupkan sampai anda selesai membersihkan pc. Ini dapat membantu mencegah penyebaran malware. Jika menurut anda PC anda terkena malware, hidupkan PC ke Safe Mode. Di dalam mode ini hanya program dan services kecil yang dibutuhkan.

Untuk boot ke Windows Safe Mode, pertama klik tombol Start di Windows 10. Selanjutnya tahan tombol Shift dan klik Reboot. Maka akan muncul menu dilayar, pilih Troubleshooting, kemudian Advanced Options, lalu Startup Settings. Pada jendela berikutnya klik tombol Restart dan tunggu sebentar.
Selanjutnya akan ada menu dengan pilihan startup bernomor. Pilih nomor 4, yaitu Safe Mode.
Jika anda ingin ke Safe Mode dan tetap terhubung ke internet, pilih nomor 5, yaitu Safe Mode with Networking.

Cara 2: Hapus file sementara

Masih di didalam Safe Mode. Sebelum anda scan komputer dengan antivirus, disarankan untuk menghapus file sementara atau file-file sampah yang terdapat dari bekas pemakaian. Cara ini agar mempercepat proses scan virus, melegakan penyimpanan dan mungkin akan menghapus malware tersebut.

Untuk menggunakan alat Pembersih Disk anda tinggal ketik Disk Cleanup pada kotak pencarian di Start menu Windows. Atau jika anda punya CCleaner itu bisa digunakan, karena fungsinya yang sama dengan Disk Cleanup.

Cara 3: Download malware scanners

Nah setelah melakukan kedua cara diatas, sekarang saatnya membersihkan virus malware yang mengganggu kinerja komputer. Jika anda sudah memiliki software antivirus, anda harus coba program antivirus yang lain, karena mungkin antivirus anda tidak mendeteksi malware tersebut, karena tidak ada antivirus yang bisa mendeteksi semua virus / malware dari sekian juta jenis virus. Ada salah satu Malware Scanner yang cukup ampuh dan saya juga pakai yaitu Malwarebytes.

Antivirus itu ada dua jenisnya, antivirus yang berjalan secara real-time dan antivirus on-demand yang berjalan apabila anda membuka program. Anda harus memiliki satu yang berjalan real-time di latar belakang, sedangkan untuk antivirus on-deman anda boleh memasangnya lebih dari satu di komputer.

Melakukan scan virus pada komputer yang tidak terinfeksi virus juga boleh dilakukan secara rutin minimal 2 bulan sekali agar kondisi PC tetap sehat dan terbebas dari virus jahat.
Comments

Disetiap postingan terdapat sebuah gambar sebagai pelengkap, jika tidak muncul matikan pemblokir iklan / adblock di browser anda.
EmoticonEmoticon