7 Cara Membuat Komputer Windows 10 Menjadi Cepat - Ilusi.id

Monday, November 27, 2017

7 Cara Membuat Komputer Windows 10 Menjadi Cepat

Windows 10 dirilis pada bulan Juni 2015, jika anda pengguna windows 10 dan sudah lama memakai OS ini mungkin sekarang kinerjanya sudah mulai menurun. Ada banyak hal yang dapat membuatnya menjadi lamban, karena hardware yang mulai tua serta pemakaian yang berlebihan.
Komputer Lambat

Jika anda salah satu orang yang merasa bahwa kinerja komputer sudah menurun, baca tips-tips berikut ini agar windows 10 dapat bekerja maksimal lagi.

1. Restart Komputer

Cara pertama yang paling sederhana jika komputer terasa lambat adalah dengan melakukan shutdown komputer dan menyalakannya lagi. Ini akan menutup semua aplikasi dan program yang tidak digunakan yang dapat memperlambat sistem.

2. Sesuaikan efek visual

Efek animasi memang membuat tampilan menjadi bagus dan enak dilihat, namun efek visual memakai sumber daya yang signifikan. Anda bisa mengubah efek visual dengan mudah. Ketik performance di kotak pencarian taskbar dan pilih Adjust the appearance and performance of Windows.
Pada tab Visual Effects di kotak dialog yang terbuka, pilih Adjust for best performance dan klik Apply. Restart PC anda supaya perubahannya terasa.

3. Perbarui driver update

Pastikan bahwa Windows 10 dan program dan driver anda sudah terupdate, karena dapat meningkatkan kinerja dengan menghilangkan bug. Pembaruan otomatis harus diaktifkan secara default. Untuk memeriksa semuanya sudah terbaru, klik Start kemudian Settings, Update & security, Windows Update and Check for updates. Untuk mengaktifkan pembaruan otomatis, pilih Advanced options, lalu pilih How update are installed, klik Automatic (recommended).

4. Optimalkan penggunaan mode listrik

Di Windows 10 anda dapat memilih dari mode Balanced, Power saver, atau High performance plans standar. Mode Balanced dan Power Saver bagus untuk menghemat penggunaan baterai namun dapat memperlambat peforma.
Untuk memeriksa dan mengubah mode baterai, masuk ke Control Panel dan klik Power Options. Pilihlah sesuai dengan yang sedang anda butuhkan.

5. Melakukan Disk CleanUp

Di Windows sudah tersedia software untuk membersihkan file bekas dan dapat meningkatkan kinerja komputer, nama softwarenya adalah Disk Cleanup.
Klik Start dan cari Disk cleanup. Untuk menghapus file sampah, pilih jenis file yang ingin Anda hapus dan pilih OK. Namun akan lebih baik jika menggunakan software CCleaner.

6. Matikan Program Startup yang Tidak Penting

Kalau di komputer anda ada banyak program yang mulai secara otomatis dan berjalan dilatar belakang, maka ini dapat memperlambat proses startup.
Anda harus menonaktifkan program yang tidak penting, masuk kedalam Task Manager dengan menekan Ctrl + Alt + Delete dan pilih Task Manager. Pilih More Details di kiri bawah Task Manager dan pilih tab Startup. Lalu pilih Disable untuk mematikan  program yang tidak anda butuhkan.

7. Nyalakan Starup cepat

Cara ini agar komputer pada saat dihidupkan akan memulai dengan cepat. Pengaturan ini biasanya diaktifkan secara default. Untuk memeriksa, pergi ke Control Panel dan klik Power Options. Selanjutnya klik Choose what the power buttons do lalu Change settings currently unavailable.
Di bawah Shut-down settings, centang Turn on fast start up check box.

Jika masih membandel, mungkin di komputer anda sudah terinveksi oleh virus. Cara yang paling ampuh saat ini adalah dengan melakukan instal ulang. Anda bisa menginstal antivirus namun terkadang sesudah di scan tidak ada hasilnya.
Comments

Disetiap postingan terdapat sebuah gambar sebagai pelengkap, jika tidak muncul matikan pemblokir iklan / adblock di browser anda.
EmoticonEmoticon