Cara Mempercepat Waktu Startup Windows 10 - Ilusi.id

Saturday, December 2, 2017

Cara Mempercepat Waktu Startup Windows 10

Untuk pengguna PC, kita harus sabar menunggu startup / booting Windows pada saat dihidupkan. Karena booting PC tidak secepat seperti smartphone / tablet yang siap digunakan setelah beberapa detik di nyalakan. Masalah yang membuat PC lama melakukan startup adalah karena kita memiliki banyak program yang ingin diupdate saat komputer boot.

Nah jika waktu startup PC Windows anda telah melambat tidak secepat pada saat beli baru, anda bisa memperbaikinya dengan sedikit cara berikut ini.
Task Manager

Tips ini bisa untuk Windows 8.1 dan Windows 10.

Langkah pertama, klik kanan pada tombol Start di pojok kiri bawah. Kemudian dari menu konteks yang muncul pilih Task Manager.

Ketika Task Manager terbuka pilih tab Startup. Ini adalah perintah utama untuk semua program yang dimulai saat anda boot ke Windows.

Jika anda tidak melihat tab Startup - atau tab apapun - maka anda mungkin berjalan dalam mode minimize. Di bagian bawah jendela klik opsi More details maka akan terlihat semua tabnya.

Mengedit program startup Anda

Syarat untuk mengutak-atik berbagai program startup adalah memahami program yang anda butuhkan dan tidak diinginkan. Sebagian besar di daftar ini dapat dimatikan, jadi pilihlah program yang tidak dibutuhkan untuk di nonaktifkan.

Kalau saya membiarkan program Steam tetap memulai otomatis ketika dihidupkan, tujuannya agar saya bisa dengan cepat masuk ke game yang saya miliki dalam beberapa menit setelah komputer menyala.

Sebelum menonaktifkan program, ada baiknya kita melihat keseluruhan daftar untuk melihat apa yang ada di sana. Tab Startup memiliki empat kolom:
"Name" (untuk nama program)
"Publisher" (perusahaan yang membuatnya)
"Status" (Diaktifkan atau Dinonaktifkan)
"Startup impact" (Tidak ada, Rendah, Sedang , atau Tinggi).

Perhatikan pada kolom Startup impact ini adalah yang terpenting. Carilah program yang memiliki rating "Tinggi", karena program ini yang memerlukan sumber daya komputasi paling banyak pada saat boot.

Setelah memiliki daftar program yang memengaruhi startup, saatnya untuk mulai menonaktifkan. Pilih setiap program yang Anda tidak ingin startup secara otomatis. Selanjutnya, klik tombol Disable di kanan bawah jendela. Setelah selesai, tutup saja Task Manager.

Ini akan bereaksi setelah boot selanjutnya. Waktu startup tergantung pada seberapa banyak program yang telah di nonaktifkan.

Jika PC anda masih terasa lambat saat boot setelah menonaktifkan sekumpulan program startup, ada baiknya anda membersihkan file-file sampah, scan antivirus jika ternyata ada virus pada perangkat anda.

Jika anda ingin membuat startup PC yang lebih cepat daripada sebelumnya, upgrade hardware anda seperti RAM, hardisk ganti ke Solid-State Drive (SSD).
Comments

Disetiap postingan terdapat sebuah gambar sebagai pelengkap, jika tidak muncul matikan pemblokir iklan / adblock di browser anda.
EmoticonEmoticon