5 Emulator Yang Ringan Untuk Windows 7 8 10 - Ilusi.id

Thursday, March 15, 2018

5 Emulator Yang Ringan Untuk Windows 7 8 10

Memainkan game android di PC dapat kita lakukan dengan bantuan emulator yang dapat berjalan di PC windows ataupun linux, jika anda mencari emulator android di internet akan tersedia banyak sekali pilihan, tapi tidak semua emulator dapat berjalan dengan baik dan lancar untuk spek komputer yang anda miliki.

Karena setiap emulator memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan ada yang tidak cocok digunakan pada spek komputer rendah. Nah untuk itu saya akan merekomendasikan menggunakan beberapa emulator yang sudah saya coba pastinya.

Dengan menggunakan emulator android, kita bisa menjalankan dan memainkan hampir semua aplikasi dan game android yang tersedia di playstore. Untuk spek komputer yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi untuk bisa menjalankan emulator android ini, tetapi jika anda memainkan game yang berat-berat maka dibutuhkan spek yang tinggi pula.

Jadi bagi anda yang mempunyai Notebook, Laptop atau PC spek rendah silahkan dicoba saja buat membuktikan apakah bisa bejalan dengan lancar. Oke berikut beberapa emulator Android yang patut anda coba. Baca Juga: Cara Compress atau Kecilkan Ukuran Video

Inilah 5 Emulator yang Recommended Untuk Windows 7/8/10

1. BlueStacks

Hampir dari semua blog pasti merekomendasikan BlueStacks sebagai emulator android, BlueStacks didirikan pada tahun 2011 dan sudah digunakan lebih dari 85 juta orang dari seluruh dunia hingga saat ini. Software ini juga sudah mendukung bahasa Indonesia, sayangnya saat ini blueStacks masih menggunakan OS lama yaitu Kitkat 4.4.2, dengan ukuran 315MB (offline installer) BlueStacks App Player ini bisa digunakan pada Windows 7, 8, dan 10. processor Intel / AMD, dengan RAM minimal 2GB. Jika anda memilih download yang offline installer, tersedia BlueStacks yang Pre-Rooted (sudah di Root) dan belum root.

2. MEmu

MEmu adalah emulator android sebagai alternatif jika anda tidak suka atau mengalami masalah dengan BlueStacks, software keluaran China ini mengklaim sebagai salah satu emulator dengan performa terbaik dan juga ringan. MEmu saat ini memakai dasar OS Android jelly bean, kitkat, dan lollipop. Dengan MEmu kalian bisa mengatur ukuran batas RAM yang mau digunakan pada smartphone emulator, juga dapat mengatur jumlah Core dari CPU, mengatur layar fullscreen, semuanya dapat ditemukan dalam menu Setting. Untuk bisa memasang MEmu ini dibutuhkan spek dengan OS Windows 7, 8 dan 10 (32-bit, 64-bit), processor Intel/AMD, DirectX 9. dan minimal RAM 2GB.

3. Windroye

Windroye adalah software emulator android yang ringan dan memiliki peforma serta fitur lengkap dalam penggunaannya, Windroye dibuat khusus untuk PC yang memiliki spek rendah agar kalian yang tidak mempunyai android bisa merasakannya. Tersedia pilihan offline installer dengan ukuran 283MB, dengan mendownload yang offline installer ini jadi tidak perlu menghidupkan koneksi internet ketika menginstal. Seperti emulator lainnya, Windroye ini bisa dijalankan di Windows 7, 8, 10. Hanya dengan RAM 1GB dan  Processor Intel Pentium 4 anda sudah bisa memasang emulator android di PC kesayangan anda.

4. Nox App Player

Nox dikembangkan dan berasal dari Hong Kong, banyak disukai semua orang dengan memiliki beragam fitur di dalamnya, lebih dari 150 juta pengguna menggunakan Nox App Player. Jika anda memiliki masalah dengan BlueStack ataupun emulator yang lainnya di komputer anda, anda dapat mendownload Nox untuk PC di situs resminya www.bingnox.com. Banyak orang mengeluh bahwa beberapa emulator tidak kompatibel dengan sistem operasi Windows 10, tapi tidak akan bermasalah jika anda menggunakan Nox App Player. Anda bisa memasangnya di Windows 7/8/10 selain itu bisa juga dipasang untuk pengguna MAC. Tetapi saat ini Nox masih menggunakan basis dari Android Kitkat 4.4.2. Untuk bisa berjalan dengan lancar dibutuhkan RAM minimal 2GB dan Processor 2.2 Ghz serta graphic card 1GB.

5. Remix OS

Remix OS adalah OS yang dibuat oleh Jide Corporation pada bulan Januari 2016, merupakan OS yang memiliki tampilan dan fitur yang mirip dengan Sistem Operasi Android, ini di karenakan oleh banyaknya pengguna android dari seluruh dunia. Remix OS jelas berbeda dengan emulator android karna Remix OS ini bukan software. Sistemnya menginstal pada partisi hardisk seperti anda mengistal OS windows namun anda bisa juga mengistalnya di USB Flashdisk FAT32 kapasitas minimal 8GB. Bila sewaktu-waktu ingin menggunakan Remix OS anda cukup menancapkan flashdisk berisi sistem operasi tersebut pada komputer dimana saja. Disarankan agar komputer yang digunakan setidaknya memiliki port USB 3.0. Lancar atau tidaknya bergantung pada spek komputer yang ada gunakan.

Baca juga: Cara Mempercepat Waktu Startup Windows

Nah itu dia 5 emulator yang saya rekomendasikan untuk memainkan game android di PC, Laptop atau Notebook. Dan kelebihan dari menggunakan emulator android ini anda tidak perlu membeli smartphone mahal untuk bisa memainkan game android kesayangan anda.

Apabila dirasa kurang maksimal emulator ini, silahkan anda ugrade lapto/komputer dengan menambahkan RAM 2GB agar menjadi powerful. Suatu keunggulan dari komputer ini dibandingkan dengan smartphone karena kalau smartphone tidak bisa mengupgrade hardware seperti RAM, VGA, Layar Monitor dan sebagainya.
Comments

Disetiap postingan terdapat sebuah gambar sebagai pelengkap, jika tidak muncul matikan pemblokir iklan / adblock di browser anda.
EmoticonEmoticon